Forester Camp IV

Kemah Rimbawan IV, (hutan wanagama-gunung Kidul
Fakultas Kehutanan INSTIPER Yogyakarta

salah satu kegiatan mahasiswa Fakultas Kehutanan Instiper Yogyakarta adalah Forester Camp (Kemah Rimbawan). KR (kemah Rimbawan) sudah dimulai sejak tahun 2011. pada 06-08 Februari 2015 merupakan KR ke IV kalinya dilaksanakan.
 saya sebagai mahasiswa fakultas kehutanan ikut serta untuk memeriahkan acara tersebut. banyak pengalaman yang didapat setelah mengikuti KR ini. kegiatan kegiatan yang dilaksanakan antara lain manajemen perjalanan, navigasi darat, peta, kompas, dan survival. sebagai seorang rimbawan tentunya tidak lepas dari hutan, yang mana keterbatasan dan keadaan yang selalu menjadi pas-pas adalah hal yang biasa, disini kami dituntut untuk menajdi solid, kompak serta menumbuhkan jiwa korsa terhadap sesama teman seperjuangan KR. dengan membawa bekal seadanya kami memulai keberangkatan dari Kampus Instiper pada hari Jumat 06 Februari 2015. keberangkatan dimulai pukul 13.00 WIB dengan menggunakan 2 kendaraan mobil truck. tujuan keberangkatan dimulai dan tiba di hutan wanagama pukul 15.00 WIB. kami memulai tracking menuju areal camp 1 sejauh 3 jam perjalanan santai. tiba di lokasi camp, kami mendirikan tenda dsambil menyiapkan makan. suasana tempat camp sangat sunyi dan tepat ditengah tengah hutan dan di pinggiran sungai oyo.
saat malam tiba, kami membuat api unggun sambil melakukan brifing kegiatan dan melakukan aktifitas mlam dengan berbagai materi permainan, ala rimbawan. malam itu kami lewati dengan penuh canda tawa sampai pada saatnya sang mentari terbit.

pukul 07.00 WIB kami mulai aktifitas uji materi kompas, peta & navigasi darat untuk menemukan posisi kami di peta. kegiatan ini kami lakukan sampai seharian sambil jalan menuju camp 2 , selama perjalanan mata kami dimanjakan dengan aliran sungai Oyo dan beberapa kali melintasi mata air kecil yang ada air terjunya. sesampai dilokasi camp 2 tepat pukul 17.00 Wib kami tiba di lokasi camp 2. di camp 2 kami sudah mulai kekurangan bahwan makanan, di pos 2 ini lah kami melakukan kegiatan survival dan lomba memasak dengan tema alam bebas. jadi tugas kami mecari makanan dari alam sekitar yang kemudian akan kami sajikan untuk diperlombakan, berbagai cara dan usaha kami lakukan untuk menemukan makanan dan sumber air. akhirnya semua aktivitas berjalan dengan lancar, dengan sayuran seadanya dari dedauan , serta pakis pakis hutan menajdi sayuran utamanya. tantanga saat malam tiba ialah suasana yang mulai mengelap gulita dan suhu udara yang dingin membuat kami harus berusaha beraktifitas dengan menyanyikan lagi mars rimbawan, semangat kami mulai membara dan malam itu pun kami lewati dengan penuh suka cita.
keesokan harinya kami melanjutkan perjalanan kami menuju kantor hutan wanagama yang searah jalan menuju pulang, semua aktvitas telah kami lewati, pelajaran yang dapat diambil adalah, cinta alam, jiwa korsa, kesabaran, dan pengorbanan. Sekian Salam Rimbawan!!!